Desain Interaksi dalam Pembangunan Perangkat Lunak Iklan Interaktif dengan Media Internet

Sudah beberapa bulan berlalu dari sidang kelulusan saya. Bagaimanapun, saya rasa tidak ada ruginya menaruh abstrak dan slide presentasi tugas akhir saya di sini. Siapa tahu bisa bermanfaat.

Sebagai tugas individu terbesar yang menutup masa kuliah, saya berusaha memberikan sentuhan personal pada tugas akhir. Saya menggabungkan hal-hal yang saya sukai dan memungkinkan untuk ditelaah dalam kerangka tugas akhir bidang keinformatikaan. Kombinasi yang dihasilkan: desain interaksi + iklan (interaktif) + pariwisata, diramu dalam pembangunan perangkat lunak. Inspirasi untuk mengangkat topik tentang iklan interaktif saya peroleh ketika melakukan kerja praktek (Juni-Juli 2008). Jadi, terima kasih LOWE Indonesia 🙂

Oh ya, saya juga menggunggah prototipe final Website Pariwisata Raja Ampat yang saya buat di sebuah domain di internet. Website tersebut tidak dipersiapkan untuk konsumsi publik, namun saya dapat memberikan tautannya jika ada yang ingin melihat.

ABSTRAK TUGAS AKHIR PROGRAM SARJANA

NIM : 13505087

Nama : Larissa Rena Mansura

Pembimbing : Dr. Ir. Husni S. Sastramihardja, M.T.

Judul : Desain Interaksi dalam Pembangunan Perangkat Lunak Iklan Interaktif dengan Media Internet

Iklan interaktif merupakan inovasi bidang periklanan yang didorong oleh perkembangan teknologi komunikasi selaku media iklan interaktif. Iklan yang semula hanya bersifat satu arah dari pengiklan ke konsumen, kini memungkinkan komunikasi dua arah antara konsumen dan pengiklan. Partisipasi aktif konsumen menempatkan konsumen dalam kendali penuh atas keterlibatannya dengan materi iklan. Untuk menghasilkan iklan interaktif yang dapat  menjalin hubungan yang erat dengan konsumen, terdapat prospek untuk menerapkan desain interaksi.

Iklan interaktif dalam konteks media internet pada dasarnya merupakan perangkat lunak (selanjutnya dapat disebut perangkat lunak iklan interaktif). Tugas akhir ini mengkaji penerapan desain interaksi dalam pembangunan perangkat lunak iklan interaktif. Penelitian diawali dengan studi literatur mengenai kajian ilmu periklanan, desain interaksi, dan metodologi Prototyping. Dilakukan pula wawancara dengan biro iklan untuk memahami proses pembuatan iklan interaktif secara praktikal. Analisis dari hasil studi literatur dan wawancara menghasilkan proses pembangunan perangkat lunak iklan interaktif dengan menerapkan konsep-konsep desain interaksi, yaitu persona, pemodelan task, dan usability test.

Untuk meneliti pengaruh penerapan desain interaksi pada proses pembuatan perangkat lunak iklan interaktif, dilakukan studi kasus dalam bentuk pembangunan sebuah perangkat lunak iklan interaktif. Materi studi kasus yang dipilih yaitu website promosi pariwisata Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia. Perangkat lunak dibangun dalam dua siklus pengembangan perangkat lunak. Siklus pertama menghasilkan versi awal prototipe, Raja Ampat I, yang ditujukan untuk meneliti kegunaan (utility) dan daya tarik (attractiveness) website. Prototipe pertama ini dirancang ulang pada siklus kedua untuk menghasilkan prototipe final, Raja Ampat II. Raja Ampat II diimplementasikan di internet dengan akses terbatas. Target dari protipe kedua ini adalah meneliti kemudahan penggunaan (learnability) website dan tingkat user experience.

Dari pengerjaan tugas akhir ini, dapat disimpulkan bahwa konsep-konsep desain interaksi memberikan manfaat dalam proses pembuatan perangkat lunak iklan interaktif. Persona membantu pengembang memahami karakteristik calon konsumen, sedangkan pemodelan task membantu menstrukturkan materi iklan yang dicakup dalam iklan interaktif. Kemudian keterkaitan antara pemodelan task dan usability test mempermudah pihak pengembang dalam perbaikan perangkat lunak iklan interaktif.

Kata kunci: iklan interaktif, desain interaksi, persona, pemodelan task, usability test, metodologi Prototyping.

Kata kunci: iklan interaktif, desain interaksi, persona, pemodelan task, usability test, metodologi Prototyping.

3 responses to “Desain Interaksi dalam Pembangunan Perangkat Lunak Iklan Interaktif dengan Media Internet

  1. Ping-balik: Interaction Design in the Development of Interactive Advertising on the Internet « Si Rewog

  2. Yuni Retnowati

    saya tertarik pengin liat karyanya…

  3. Terima kasih Mbak Yuni. Kebetulan karyanya sudah ditarik dari hosting. Tapi kalo mau ketemu langsung, bisa saya tunjukin. Mbak Yuni basednya di mana? Saya di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s